Makanan Terbaik Kucing Persia Supaya Sehat dan Gemuk


Kucing persia sedang makan

Untuk orang-orang yang baru pertama kali merawat kucing, Anda mungkin bingung memilih makanan kucing persia yang tepat.

Untuk memaksimalkan pertumbuhan si kucing, pemilihan makanan memang tak boleh sembarangan.

Makanan bagi kucing sangat penting, tidak hanya untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya, tetapi juga untuk memaksimalkan sistem pertahanan tubuh mereka.
Seperti yang kita tahu, kucing persia sebenarnya tak terlalu cocok tinggal di Indonesia yang bersuhu sangat panas.

Makanan kucing yang baik adalah makanan yang kandungan gizinya dibutuhkan oleh tubuh kucing. yaitu mengandung banyak protein, vitamin dan asam amino taurin.

Makanan Alami


1. Keju

keju
Banyak yang sudah memakai keju sebagai makanan tambahan kucing persia. Kandungan kalsium dan vitamin dalam keju mampu membantu pertumbuhan tulang kucing. Namun untuk memberikannya kalian harus mencampurkan dengan bahan lainnya supaya si kucing doyan memakannya. Misalnya dicampur dengan daging atau ikan.

2. Jagung dan Beras

jagung dan beras
Jagung dan beras  tergolong makanan kucing persia yang alami. Biji bijian seperti jagung dan beras juga bagus sebagai penambah energi si kucing. Akan tetapi kedua makanan tersebut jangan dijadikan makanan pokok atau dikonsumi setiap hari. Sebab bukan termasuk makanan kesukaan kucing. Jika memang tidak doyan, tidak perlu dipaksakan.

3. Perisa Daging dan Ikan

daging dan ikan
Sebagai hewan karnivora obligat, kucing sangat menyukai daging-dagingan dan ikan-ikanan. Di dalam makanan tersebut terkandung vitamin protein dan asam amino taurin yang bagus untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya.

Menurut para ahli, kekurangan zat asam amino taurin yang banyak dapat mengakibatkan gangguan penglihatan dan serangan jantung buat si kucing. Jadi bisa dikatakan daging merupakan makanan pokok sekaligus makanan favorit bagi kucing persia.

Untuk daging bisa berupa daging ayam, daging bebek dan daging sapi. Kalau ikan bisa berupa ikan tawar maupun ikan laut. Cara pengolahannya ialah merebus daging terlebih dahulu. Lalu cacah hingga halus agar si kucing mudah mengunyahnya. Dan tidak perlu digoreng, sebab minyak goreng kurang baik untuk kesehatan kucing.

4. Makanan Kucing Persia Buatan Sendiri

makanan kucing buatan sendiri
Selain ketiga makanan di atas, anda juga bisa mengolah makanan kucing sendiri di rumah. Cara seperti ini bisa lebih menghemat biaya (murah) dan tetap ada nilai gizinya.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan kucing persia adalah kentang, beras 1 cup, daging ayam dicacah, kacang polong dan kaldu ayam.

Cara membuatnya rebus dulu daging ayamnya sampai matang kemudian dicacah. Kemudian masukkan ayam yang sudah dicacah tadi ke dalam blender. Masukkan juga kacang polong, beras, kentang dan kaldu ayamnya. Terakhir tinggal dikasih air sedikit lalu blender sampai lembut.

Makanan Pabrik


1. Royal Canin

royal canin

Makanan kucing buatan pabrik yang satu ini bisa dijadikan andalan untuk kucing persia. Royal Canin memang sudah dikenal sebagai makanan kucing dengan kualitas terbaik dibandingkan dengan merk lain.

Makanan yang satu ini juga sangat mudah didapatkan, sebagian besar pet shop pasti menyediakan merk ini di toko mereka.

Seperti yang telah kita ketahui royal canin memang memiliki banyak varian, bahkan royal canin memiliki makanan khusus untuk kucing persia.

Royal canin tersedia dalam makanan basah dan juga makanan kering, makanan basah biasanya dikemas dalam bentuk kaleng.

Makanan basah ini sangat cocok untuk dijadikan makanan utama kitten atau kucing muda yang masih belum mempunyai gigi yang kuat. Kandungan gizi yang ada dalam makanan basah juga sangat tinggi, Royal Canin basah mengandung banyak vitamin dan semua nutrisi yang dibutuhkan kucing.

Sayangnya, makanan basah ini lebih mudah rusak dan basi jika tidak disimpan dengan benar. Royal Canin yang kering juga mempunyai kelebihan tersendiri, makanan ini lebih tahan lama dan tidak merusak gigi si kucing.

Makanan kering hanya mengandung 8 – 10 persen air saja sehingga setelah makan kucing pun kucing masih tetap membutuhkan minuman.

Tak hanya dibagi menjadi ke dalam dua jenis, Royal Canin juga membuat makanan khusus sesuai kebutuhan kucing, seperti makanan untuk recovery, makanan khusus untuk kucing hamil dan menyusui, serta jenis-jenis yang lainnya.

Merk makanan ini bisa dibilang yang paling bagus dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kucing persia.

2. Pro Plan

pro plan

Produk makanan kucing persia yang satu ini juga menjadi pilihan banyak orang, proplan terkenal karena memiliki kandungan lemak ( Fat ) yang cukup banyak sehingga dapat membuat kucing persia lebih cepat gemuk.

Makanan keluaran purina ini memang salah satu pilihan lain jika Anda merasa royal canin masih terlalu mahal. Kandungan gizi Pro Plan sangat tinggi sehingga bisa memaksimalkan tumbuh kembang kucing.

Sayangnya, Pro Plan mempunyai harga yang cukup mahal dibandingkan dengan friskies, whiskas dan beberapa merk dengan standard quality yang ada di pasaran.

walaupun begitu Pro plan masih menjadi pilihan banyak orang indonesia. Varian proplan yang banyak diminati adalah proplan chicken dan proplan salmon.

Kandungan salmon berupa lemak omega 3 akan menjaga bulu mereka tetap indah, membuat kulit mereka tetap sehat juga. Salmon juga terkenal sebagai makanan sehat untuk kucing dengan kandungan lemak yang minim dibandingkan dengan ayam.

Sampai saat ini purina sebagai produsen pro plan masih menjaga kualitas produknya sehingga masih banyak pemilik kucing persia yang percaya pro plan sebagai makanan utama.

3. Maxi

maxi

Jika Anda meresa makanan kucing Royal Canin dan Proplan masih cukup mahal, maka mungkin Anda bisa mencoba makanan kucing Maxi.

Di pasaran, Maxi hanya dijual dengan harga sekitar Rp 30.000/kg. Meski harganya sangat murah, produk ini juga mempunyai kandungan nutrisi yang cukup baik untuk dijadikan makanan kucing persia.

Kandungan protein dalam makanan ini mencapai 32% dan kaya akan lemak omega 3 yang setidaknya cukup agar kucing persia tidak mengalami kerontokan bulu.

Anda juga bisa menjadikan produk ini sebagai pilihan untuk kucing persia Anda. Walaupun tidak termasuk kategori premium food, pihak Maxi claim bahwa makanan kucing mereka masuk ke kualitas premium food.

4. Equilibrio

equilibrio

Salah satu makanan asal brazil yang telah mendapatkan banyak penghargaan ISO 9001, GMP, HAACP dan PIQ-PET.

Belakangan equilibrio memang telah mengambil hati banyak pecinta kucing karena kualitasnya yang tidak kalah dari Royal Canin dan Pro plan.

Terlebih lagi harga Equilibrio terbilang lebih murah dari para kompetitornya. Sayangnya makanan ini tidak melulu dimiliki oleh banyak petshop, mungkin Anda harus ke kota besar untuk mendapatkannya.

Makanan ini sangat baik untuk membuat kucing Anda lebih gemuk, dengan kandungan yang baik produk ini juga tidak menimbulkan bau menyengat pada pup kucing.

Baunya yang sangat menyengat juga akan membuat kucing lebih semangat untuk memakannya.


Comments

Popular posts from this blog

[LENGKAP] Tentang Anatomi Kucing

[ LENGKAP ] Klasifikasi dan Morfologi Kucing

Harga Kucing Persia Asli dan Campuran 2020