Fakta Lengkap Ilmiah Kucing

Fakta Lengkap Ilmiah Kucing

Kucing disebut juga kucing domestik atau kucing rumah adalah sejenis mamalia karnivora dari keluarga Felidae. Kata "kucing" biasanya merujuk kepada "kucing" yang telah dijinakkan, tetapi bisa juga merujuk kepada "kucing besar" seperti singa dan harimau.

Kucing merupakan hewan peliharaan yang sering dijumpai di rumah orang dan sudah tak asing lagi dengan manusia. Semua itu karena kucing mempunyai kemudahan untuk beradaptasi dengan lingkungan. Bahkan saat ini banyak sekali jenis kucing yang ada didunia dan belum banyak diketahui oleh manusia..

1. FAKTA PERTAMA 

Pada kulit kucing terdapat otot yang berfungsi untuk menotak tetur bakteri. Otot kucing itu juga dapat menyesuaikan dengan sentuhan otot manusia. 

Permukaan tidah kucing tertutupi oleh berbagai benjolan kecit yang runcing. benjolan ini bengkok mengerucut seperti kikir atau gergaji. Bentuk ini sangat berguna untuk membersihkan kutit. Ketika kucing minum, tidak ada setetes pun cairan yang jatuh dad lidahnya. 

Sedangkan lidah kucing sendiri merupakan alat pembersih yang paling canggih, permukaannya yang kasar dapat membuang bulu-bulu mati dan membersihkan bulu-bulu yang tersisa di badannya. 

2. FAKTA KEDUA 

Tetah ditakukan berbagai penetitian terhadap kucing dari berbagai perbedaan usia, perbedaan posisi kulit, punggung. bagian datam tetapak kaki, petindung mutut dan ekor. Pada bagian-bagian tersebut ditakukan pengambitan sample dengan usapan. 

Di samping itu, ditakukan juga penanaman kuman pada bagian-bagian khusus. Terus diambitjuga cairan khusus yang ada pada dinding datam mulut dan lidahnya. Hasit yang didapatkan adatah: 
  • Hashl yang diambildari kutit tuar tenyata negatif berkuman. meskipun ditakukan berulang-utang. 
  • Perbandingan yang ditanamkan kuman memberikan hasil negatif sekitar 8o% jika ditihat dari cairan yang diambildari dinding mutut. 
  • Cairan yang diambit dari permukaan tidah juga memberikan hasil negatif berkuman. 
  • Sekalinya ada kuman yang ditemukan saat proses penetitian. kuman itu masuk kelompok kuman yang dianggap sebagai kuman biasa yang berkembang pada tubuh manusia datam jumtah yang terbatas seperti, enterobacter, streptococcus. dan taphylococcus. Jumlahnya kurang dan so ribu pertumbuhan. 
  • Tidak ditemukan kelompok kuman yang beragam. 
Berbagai sumber yang dapat dipercaya dan hasil penetitian taboratorium menyimputkan bahwa kucing tidak memiliki kuman dan mikroba. Liurnya bersih dan membersihkan. 

3. FAKTA KETIGA 

Dan hasit penelitian kedokteran dan percobaan yang tetah di takukan di laboratorium hewan, ditemukan bahwa badan kucing bersih secara keseturuhan. la lebih bersih dari manusia. 

Bahkan di zaman dahutu kucing dipakai untuk terapi. Dengkuran kucing yang soHz balk buat kesehatan. setain itu mengelus kucing juga bisa menurunkan tingkat stress. 

PENDAPAT PARA DOKTER YANG BERGELUT DALAM BIDANG KUMAN 

Menurut Dr. George Maqshud, ketua laboratorium di Rumah Sakit He‘van Baitharah, jarang sekali ditemukan adanya kuman pada tidah kucing. Jika kuman itu ada, maka kucing itu akan sakit.

Dr. Gen Gustafsirl menemukan bahwa kuman yang paling banyak terdapat pada anjing, setanjutnya manusia 1/4 anjing. sedangkan kucing 1/2 manusia. Dokter hewan di rumah sakit hewan Damaskus. Sa'id Rafah menegaskan bahwa kucing memitiki perangkat pembersih yang bemamatysozyme. 

Kucing tidak suka air karena air merupakan tempat yang sangat subur untuk pertumbuhan bakteri, terlebih pada genangan air (Lumpur, genangan hujan, dID. Kucing juga sangat menjaga kestabilan kehangatan tubuhnya. la tidak banyak berjemur dan tidak dekat-dekat dengan air. 

Tujuannya agar bakteri tidak berpindah kepadanya. Inilah yang menjadi faktor tidak adanya kuman pada tubuh kucing. 

Namun sayangnya banyak sekati dari kita yang berpandangan negatif seputar binatang ini, ada yang mengatakan kucing dapat menyebabkan asma karena bulu-bulunya. ada juga yang bilang kucing terinfeksi toxoplasma. 

Padahal katau tetiti lebih lanjut, toxoplasma itu adalah sejenis bakteri yang dapat hidup dibinatang apa saja. Catatan dalam penelitian ilmiah para penetiti. Anjing dan Babi adalah rekor terbanyak hewan yang mengandung penyakit ini. Tapi kenapa. justru kucinglah yang dijadikan kambing hitamnya ? 

Toxoplasma berasaldari infeksi parasit Toxoplasma Gondli. Adapun penularannya pada manusia melalui em pat cara yaitu: 
  • Secara tidak sengaja memakan makanan yang tercemari parasit ini. Misalnya kita makan sayuran yang tidak dicuci bersih dan ternyata parasit toxo telah mencemarinya. 
  • Memakan daging sapi, kambing, babi, ayarn, babi atau anjing yang mengandung parasit toxoyang tidak dimasak dengan sempurna (matang). 
  • Infeksi melalui placenta bayi datam kandungan. 
  • Seorang ibu hamit yang terinfeksi toxoplasma bisa menularkan parasit ini pada janin yang dikandungnya. penularan ini disebut penularan secara congenital. 
  • Metalui transfusi darah, transplantasi organ dari seorang donor yang kebetutan menderitatoxoptosmosis.
Toxoplasma bisa menyerang perempuan maupun taki-laki. Sesungguhnya tak hanya kucing yang bisa terinfeksi parasit Toxoplasma, karena semua hewan berdarah panas (unggas dan mamalia) sebenarnya juga bisa terinfeksi sebagai induk semang perantaranya (Intermediate host). 

Parasit dari intermediate host dapat menular hanya jika kita mengonsumsinya. Bedanya dengan kucing. Toxoplasma menyelesaikan keseluruhan siktus hidupnya di usus halus kucing. dan akan diketuarkan bersamaan dengan feces atau kotorannya. 

Mungkin karena alasan initah maka kucing menjadi tersangka utama toxoplasma bagi sebagian kita. Sementara sapi, kambing. ayarn, anjing dan hewan lainnya tidak, meski sama-sama punya -bibit" Toxoplasma di tubuhnya. 

TIPS UNTUK MENGHINDARI TOXOPLASMA : 

  • Sediakan pasir atau tempat kotoran untuk kucing dan sebaiknya dibersihkan setiap hari. Nah kita juga harus rajin bersih-bersih. lagian kucing kalau mau pup dipasir SELALU dikubur, karena kucing itu sendiri adatah hewan yang pemalu. Malah sebenarnya kalau gak ada pasir atau tanah. kucing akan menahan pup sekuat tenaga, kalau bener-bener udah gak tahan, terpaksanya pup di pojokan. Makanya sediakanlah lahan pasir buat kucing 
  • Cegahlah kucing agar tidak berburu tikus, burung, lalat dan kecoa (kasih makan makanan yang bersih. matang dan layak) 
  • Jangan memberi makan hewan peliharaan dengan daging, jeroan. tulang dan susu mentah, sebelum di masaklah terlebih dahulu. 
  • Setelah mencuci daging mentah sebaiknya cuci tangan dengan sabun agar tak ada parasit yang tertinggal di tangan. 
  • Cucilah tangan dengan sabun setiap kali hendak makan. 
  • Hindari memakan daging mentah atau setengah matang. Makanlah daging yang benar-benar telah dimasak sampai matang. 
  • Cuci bersih sayur-mayur dan buah-buahan yang hendak dikonsumsi mentah sebelum dimakan (dilalap). 
  • Untuk ibu-ibu hamil, sebaiknya tidak membersihkan tempat kotoran kucing ataupun mencuci daging ataupun jeroan selama masa kehamilan. Mintatah bantuan orang lain untuk mengerjakannya. 
  • Untuk ibu-ibu yang berencana untuk hamilsebaiknya metakukan pemenksaan darah untuk mengetahui ada tidaknya infeksi Toxoptasma 
  • Jika anda memetihara kucing. tatihtah dari kecit kucing tersebut dengan membiasakan buang kotoran pada tempatnya.
Sedangkan khusus untuk ASMA, orang biasa mengait-ngaitkannya akibat dengan bulu-bulu kucing. Padahat belum tentu demikian. 

Asma adatah suatu keadaan di mana saluran nafas mengalami penyempitan karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu yang dapat menyebabkan peradangan, penyempitan ini bersifat sementara. 

Penyakit ini satah satunya dikarenakan kelainan di paru atau di jantung yang bersifat keturunan (biasanya sejak kecilgejatanya sudah mutai tampak). 

Khusus asma yang disebabkan ketainan di paru-paru saja. ada yang bersifat intrinsik (datam tubuh sendiri), dan ekstrinsik balk psikosomatitik (dipacu beban psikis tertentu) maupun non-psikosomatitik -biasanya mirip penderita atergi (tak tahan atau satah tanggapan sistem imun). 

Dari anatisa kemungkinan jenis dan penyebab sesak. tentulah yang bersifat ekstrinsik yang dapat sembuh dengan menghindari atau menetralisir pencetus timbutnya serangan asma.

Jadi orang yang kambuh asmanya itu bukan hanya karena butu kucing. tetapi bisa jugs karena debu, sesak datam keramaian, stress, asap. serbuk bunga, udara dingin, olahraga, dtl. Sebenarnya butu kucing hanyalah menjadi PEMICU. sama seperti faktor-faktor yang lain. 

Comments

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[LENGKAP] Tentang Anatomi Kucing

[ LENGKAP ] Klasifikasi dan Morfologi Kucing

Harga Kucing Persia Asli dan Campuran 2020